06/12/2015

TEKNIK PENGULANGAN DAN PERCABANGAN ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

BAB I
PENDAHULUAN

Percabangan dalam pemrograman berfungsi untuk mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan pilihan atau kondisi yang berbeda-beda. Perulangan adalah suatu proses yang melakukan statement dalam sebuah program secara terus-menerus sampai terdapat kondisi untuk menghentikannya.Perulangan dalam pemrograman berfungsi untuk mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilakukan secara berulang-ulang.Dengan fungsi perulangan,kode program yang digunakan untuk membangun sebuah aplikasi dapat menjadi lebih ringkas dan dinamis dibandingkan harus menuliskan kode program tersebut satu per satu sesuai dengan jumlah pekerjaan yang diminta.

BAB II
PEMBAHASAN
1.    Analisa kondisi dan aksi lanjutan (lebih dari 1 kondisi) menggunakan relation operator OR dan AND.

1.1.        Hubungan Antar Kondisi

Hubungan antar kondisi terdiri dari dua hubungan :
§  DAN
§  ATAU

1.1.1.  Hubungan DAN

Merupakan hubungan antar kondisi yang mensyaratkan kedua kondisi terpenuhi. Jika salah satu kondisi tidak terpenuhi maka proses selanjutnya yang dilakukan adalah kondisi yang bernilai F (False) atau T (Tidak). 
Tabel Kebenaran dari hubungan DAN

Contoh :
Untuk seleksi penerimaan calon pegawai ditentukan kriteria sebagai berikut :
- Umur dibawah 30 tahun
- Nilai test > 70 

1.1.1.    Hubungan ATAU

Merupakan hubungan antar kondisi yang mensyaratkan salah satu kondisi terpenuhi. Kondisi bernilai F (False) atau T (Tidak) apabila kedua kondisi tidak terpenuhi.
Tabel Kebenaran dari hubungan ATAU

Contoh :
Tunjangan Pensiun diberikan kepada pegawai yang berusia 60 tahun, kepada pegawai yang masa kerja lebih dari 25 tahun juga mendapat tunjangan tersebut.



2.    Perputaran kembali/looping (FOR NEXT)
2.1.                    LOOPING (pemutaran kembali)
Selama ini, arus diagram alur mengalir lurus dari atas ke bawah → masalah sederhana.Masalah yang lebih rumit → terjadi alih kontrol berupa percabangan (branching) dan pemutaran kembali (looping).Loop atau perulangan adalah suatu bentuk kegiatan mengulang suatu statement sampai batas yang diinginkan.
Contoh :


Loop atau perulangan dalam Java dapat dilakukan dengan  teknik berikut ini:

• Perulangan dengan for
for (inisialisasi ekspresi; kondisi loop; ekspresi penambahan){
// pernyataan
}

Perulangan dengan teknik ini dikontrol oleh tiga bagian yang ada dalam tanda kurung dan masing-masing bagian ini dipisahkan oleh titik-koma. Pada bagian pertama(inisialisasi ekspresi), sebuah variabel akan di deklarasikan sebagai sebuah titik awal dari perulangan, biasanya variable ini mempunyai tipe data integer atau float. Sementara pada bagian kedua disinilah perulangan akan diperiksa apakah masih memenuhi syarat atau tidak, jika masih memenuhi syarat maka statement dibawahnya akan di eksekusi. Sedangkan bagian ketiga adalah bagian dimana jika bagian kedua masih memenuhi syarat maka nilai variabel akan ditambahkan sesuai dengan syarat yang dituliskan. Bagian ketiga ini secara otomatis akan tidak dibaca oleh program jika kondisi pada bagian ke-dua sudah tidak lagi memenuhi syarat, dan perulangan pun menjadi terhenti. Untuk lebih jelasnya perhatikan potongan contoh berikut ini:


for (int i=0; i <=1000; i++){
System.out.println(“Saya Ganteng”);
}

Jika digambarkan jalannya program akan seperti ini: variable i akan di inisialisasi pertama kali dan langsung diberi nilai 0, kemudian variable i tersebut akan diperiksa pada bagian kedua, apakah i lebih kecil atau sama dengan 1000, jika nilai I pertama kali adalah 0 maka pernyataan tersebut bernilai benar (true), sehingga bagian ketiga pun di eksekusi dan kali ini nilai i menjadi sama dengan 1. setelah nilai i bertambah menjadi 1 maka langkah selanjutnya program akan mengeksekusi baris pernyataan yang ada didalam tanda kurung, program akan menuliskan ke layar “Saya Ganteng”. Setelah itu kursor baris akan kembali lagi keatas ke posisi for lagi, namun inisialisasi variabel dilewatkan dan langsung ke bagian kedua yaitu memeriksa apakah i <=1000, dan jika masih memenuhi syarat maka bagian ketiga dan baris statement pun di eksekusi kembali, demikian seterusnya hinga nilai variabel i sudah menjadi sama dengan 1001. Jika nilai variabel i sudah tidak lagi memenuhi syarat bagian kedua maka program akan tidak mengeksekusi bagian ketiga dan baris statement, dan pada saat ini pula loop atau perulangan akan berhenti. Jika digambarkan dalam diagram maka seperti inilah perulangan dengan for itu tergambar.

2.2.                    FOR-TO dan NEXT
          Dalam hal kita mengetahui berapa kali loop diulang, cara yang paling sederhana dan efektif adalah menggunakan statemen FOR-TO serta NEXT. Kita sebut loop FOR-NEXT. Statemen FOR-NEXT menerangkan berapa kali loop dilaksanakan.
Program untuk mencetak kuadrat dari bilangan 1,2,3 dan 4

Seandainya kita mengetahui banyak bilangan yang akan dijumlahkan, loop FOR-NEXT dapat digunakan (tanpa menggunakan bendara).
Flowchart untuk menghitung jumlah data 13, 18, 23, 16, 47.

Contoh penggunaan variabel bersubskrip untuk menyimpan data yang digunakan lebih dari 1 kali. Diketahui himpunan 5 buah data yang merupakan nilai 5 orang siswa dalam suatu mata kuliah. Akan ditentukan beberapa rata-rata kelas dan berapa orang siswa mempunyai nilai diatas raa-rata kelas tersebut.
Himpunan data: 70        90      77      85      78
Memeriksa jawaban hasil ujian berbentuk pilihan ganda, misal 50 soal. Jawaban yang benar dimasukkan lebih dulu kemudian jawaban siswa diperiksa satu per satu.

BAB III
KESIMPULAN

1.  Dalam perulangan harus ada variable kontrol, dimana variabel tersebut yang bertugas mengontrol perulangan hingga batas apa atau berapa perulangan bisa dilakukan.
2.  Variable kontrol harus bersifat incremental atau juga bersifat dapat dimodifikasi sehingga perulangan dapat berjalan dengan semestinya.
3.  Incremental atau modifikasi variabel kontrol berada dalam lingkup perulangan.
4. Point-point diatas menjadi konsep dasar pengertian kita akan makna Loop atau perulangan dalam bahasa pemrograman.serta tentang bagaimana analisa kondisi dan aksi lanjutan(lebih dari 1 kondisi) menggunakan relation operator OR dan AND.
 
DAFTAR PUSTAKA

irfan.staff.jak-stik.ac.id/.../algoritma-pemograman[7]....
java.lyracc.com/java-untuk-pemula/blok-perulangan-dan-percabangan


No comments: