09/12/2015

STRATEGI UTAMA PERUSAHAAN

Perencanaan strategi merupakan kegiatan perusahaan mencari kesesuaian antara situasi internal (kekuatan dan kelemahan) dan situasi eksternal (peluang dan ancaman) perusahaan dalam memanfaatkan peluang pasar. Kegiatannya meliputi pengamatan secara hati‐hati terhadap persaingan, peraturan, tingkat inflasi, siklus bisnis, keinginan dan harapan konsumen serta faktor‐faktor lain yang dapat mengidentifikasikan peluang dan ancaman. Esensi strategi suatu perusahaan yakni memanfaatkan kekuatan dan memperkecil kelemahan internal perusahaan untuk menghadapi ancaman dan merebut peluang eksternal.
Proses analisis, perumusan dan evaluasi strategi‐strategi perusahaan disebut perencanaan strategis. Tujuan utama perencanaan strategis perusahaan adalah melihat secara objektif kondisi‐kondisi internal dan eksternal, sehingga perusahaan dapat mengantisipasi perubahaan lingkungan eksternal. Jadi perencanaan strategis penting untuk memperoleh keunggulan bersaing dan memiliki produk yang sesuai dengan keinginan konsumen dengan dukungan optimal dari sum ber daya yang ada.
Secara umum 4 strategi utama yang dapat dilakukan perusahaan yaitu:
(1). Strategi Stabilitas, adalah strategi yang dilakukan perusahaan bila perusahaan tetap melayani masyarakat dalam sektor produksi, sektor pasar dan sektor fungsi yang sangat serupa.
Keputusan strategi utamanya difokuskan pada perbaikan pelaksanaan fungsinya;
(2). Strategi Ekspansi, adalah strategi yang dilakukan perusahaan bila perusahaan melayani masyarakat dalam sektor produk tambahan atau menambahkan pasaran atau fungsi pada bisnis mereka;
(3). Strategi penciutan adalah strategi yang dilakukan perusahaan bila perusahaan merasa perlu untuk mengurangi lini produk, pasar dan fungsi bisnis mereka. Keputusan strategi yang dilakukan perusahaan dipusatkan pada peningkatan fungsional melalui pengurangan kegiatan dalam unit‐unit yang mempunyai arus kas yang negatif;
(4). Strategi kombinasi adalah merupakan kombinasi antara stabilitas, perluasan, dan penciutan, merupakan strategi yang dilakukan oleh perusahaan bila keputusan strategi pokoknya difokuskan pada berbagai strategi besar secara sadar pada waktu sama (secara simultan) dalam berbagai unit bisnis perusahaan.
Perumusan strategi utama (grand strategy) dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, yang umumnya
dapat dikelompokkan ke dalam 3 tahap pelaksanaan.
Tahap 1 adalah the input stage yang mencakup 3 matriks
Tahap kedua adalah the matching stage, mencakup lima matriks
Tahap ketiga adalah The Decision Stage, sering digunakan metode Quantitative Strategies Planning Matrix (QSPM), yang dapat dijadikan sebagai teknik analisis menentukan ketertarikan relatif dari pelaksanaan strategi alternatif.
Strategi Alternatif
1. Integrasi ke Depan (Forward Integration) – mencari kepemilikan atau meningkatkan kontrol atas
distibutor atau pengecer
2. Integrasi ke Belakang (Backward Integration) – mencari kepemilikan atau meningkatkan kontrol atas
pemasok perusahaan
3. Integrasi Horizontal (Horizontal Integration) – mencari kepemilikan atau meningkatkan kontrol atas
pesaing
4. Penetrasi Pasar (Market Penetration) – meningkatkan pangsa pasar untuk produk/jasa saat ini di pasar
melalui upaya pemasaran yang lebih besar
5. Pengembangan Pasar (Market Development) – memperkenalkan produk/jasa saat ini ke area geografis
yang baru
6. Pengembangan Produk (Product Development) – meningkatkan penjualan melalui perbaikan
produk/jasa saat ini atau mengembangkan produk/jasa baru
7. Diversifikasi Berhubungan (Related Diversification) – menambahkan produk/jasa baru yang masih
berkaitan dengan produk/jasa lama
8. Diversifikasi Tidak Berhubungan (Unrelated Diversification) – menambahkan produk/jasa baru yang
tidak berkaitan dengan produk/jasa lama
9. Penghematan (Retrenchment) – mengelompokkan ulang melalui pengurangan biaya dan aset terhadap
penurunan penjualan dan laba
10. Divestasi (Divestiture) – menjual 1 divisi atau bagian perusahaan
11. Likuidasi (Liquidation) – menjual seluruh aset perusahaan, sepotong‐potong, untuk nilai riilnya
 

No comments: