07/12/2015

Strategy Planning System Information - PT.Telekomunikasi Selular, Tbk

TELKOMSEL
“Begitu Dekat Begitu Nyata" adalah logo dari telkomsel.
Visi
Mobile Lifestyle Terbaik. Telkomsel siap melakukan lompatan besar dalam evolusi telekomunikasi selular yang sejalan dengan perubahan gaya hidup.
Misi
Memberikan layanan dan solusi mobile digital yang melebihi ekspektasi pelanggan, memberikan nilai tambah kepada para stakeholders, dan mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa.
Strategi yang diterapkan oleh Telkomsel
Strategi pemasaran Telkomsel adalah strategi diversifikasi yang digunakan untuk menemukan dan mengembangkan produk baru atau pasar baru atau bahkan keduanya untuk menyelesaikan pengembangan, penjualan meningkat, profitabilitas dan fleksibilitas.
Keunggulan Kompetitif
Telkomsel menjadi pelopor untuk berbagai teknologi telekomunikasi selular di Indonesia, termasuk yang pertama meluncurkan layanan roaming internasional dan layanan 3G di Indonesia. Telkomsel merupakan operator yang pertama kali melakukan ujicoba teknologi jaringan pita lebar LTE. Di kawasan Asia, Telkomsel menjadi pelopor penggunaan energi terbarukan untuk menara-menara Base Transceiver Station (BTS).
Telkomsel mengklaim sebagai operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia dengan 139,3 juta pelanggan per 31 Desember 2014. Telkomsel meluncurkan secara resmi layanan komersial mobile 4G LTE pertama di Indonesia. Layanan Telkomsel 4G LTE memiliki kecepatan data access mencapai 36 Mbps. Telkomsel bekerja pada jaringan 900/1.800 MHz. Saat ini Telkomsel menggelar lebih dari 84.000 BTS yang menjangkau sekitar 98% wilayah populasi di Indonesia.
Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE). Kini Telkomsel mengembangkan jaringan broadband di 100 kota besar di Indonesia. Untuk membantu pelayanan kebutuhan pelanggan, Telkomsel kini didukung akses call center 24 jam dan 430 pusat layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.
Keunggulan produk dan layanannya menjadikan Telkomsel sebagai pilihan utama pelanggan di seluruh Indonesia. Dan Fitur yang di tawarkan oleh telkomsel juga merupakan salah satu strategi yang ampuh untuk menarik minat konsumen.
Produk yang dihasilkan
Telkomsel mempunyai beberapa produk, yaitu:
·    kartuHalo
·    simPATI
·    Kartu As
·    Kartu As Flexi merupakan gabungan dari operator prabayar Flexi yang akan ditutup dan semua pelanggan prabayar Flexi dipindahkan ke kartu ini.
·    kartuHALO Flexi merupakan gabungan dari operator pascabayar Flexi yang akan ditutup dan semua pelanggan pascabayar Flexi dipindahkan ke kartu ini.
·    Telkomsel Flash
·    Kartu Facebook
·    simPATI LOOP
·    Kartu LOOP
Kelemahan dari strategi yang di pilih Telkomsel
Dapat diketahui bahwa strategi produk yang digunakan oleh PT. Telkomsel, Tbk, yang merupakan strategi diversifikasi, yang memiliki kelemahan, yang mudah ditiru. Dengan demikian, PT. Telkomsel, Tbk perlu mengevaluasi kembali strategi yang sering digunakan. Sebuah produk harus memiliki karakteristik yang unik sehingga berbeda dari orang lain. Dengan karakteristik yang unik, ada harapan besar untuk menciptakan citra yang baik atas produk sebagai tertentu dan perusahaan sebagai jenderal sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mempertahankan pangsa pasar dapat diselesaikan.

PEMBAHASAN

Telekomunikasi Selular yang Menyatukan Bangsa
Telkomsel terus memacu pertumbuhan jaringan telekomunikasi di seluruh penjuru Indonesia secara pesat sekaligus memberdayakan masyarakat. Telkomsel menjadi pelopor untuk berbagai teknologi telekomunikasi selular di Indonesia, termasuk yang pertama meluncurkan layanan roaming internasional dan layanan 3G di Indonesia. Telkomsel merupakan operator yang pertama kali melakukan ujicoba teknologi jaringan pita lebar LTE. Di kawasan Asia, Telkomsel menjadi pelopor penggunaan energi terbarukan untuk menara-menara Base Transceiver Station (BTS).
Telkomsel adalah operator telekomunikasi seluler GSM kedua di Indonesia setelah Satelindo dengan layanan pascabayar kartuHALO yang diluncurkan pada tanggal 26 Mei 1995. Saham Telkomsel dimiliki oleh Telkom Indonesia sebesar 65% dan sisanya oleh Singtel sebesar 35%. Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Asia yang menawarkan layanan GSM prabayar.
Telkomsel mengklaim sebagai operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia dengan 139,3 juta pelanggan per 31 Desember 2014 dan pangsa pasar sebesar 51% per 1 Januari 2007. Jaringan Telkomsel telah mencakup 288 jaringan roaming internasional di 155 negara pada akhir tahun 2007. Telkomsel telah menjadi operator seluler ketujuh di dunia yang mempunyai lebih dari 100 juta pelanggan dalam satu negara per Mei 2011. Telkomsel meluncurkan secara resmi layanan komersial mobile 4G LTE pertama di Indonesia. Layanan Telkomsel 4G LTE memiliki kecepatan data access mencapai 36 Mbps.
Saat ini Telkomsel menggelar lebih dari 84.000 BTS yang menjangkau sekitar 98% wilayah populasi di Indonesia. Sebagai operator selular nomor 6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pelanggan, Telkomsel merupakan pemimpin pasar industri telekomunikasi di Indonesia yang kini dipercaya melayani lebih dari 139 juta pelanggan pada tahun 2014.
Dalam upaya memandu perkembangan industri telekomunikasi selular di Indonesia memasuki era baru layanan mobile broadband, Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE). Kini Telkomsel mengembangkan jaringan broadband di 100 kota besar di Indonesia. Untuk membantu pelayanan kebutuhan pelanggan, Telkomsel kini didukung akses call center 24 jam dan 430 pusat layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.
Dari Telkomsel untuk Indonesia
Telkomsel memiliki komitmen untuk menghadirkan layanan mobile lifestyle unggulan sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan pelanggan. Telkomsel menghadirkan teknologi agar bangsa Indonesia dapat menikmati kehidupan yang lebih baik di masa mendatang dengan tetap mendukung pelestarian negeri. 
Untuk itulah, Telkomsel secara aktif mendorong pemanfaatan energi terbarukan sebagai sumber energi untuk menara BTS serta menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi remaja dan masyarakat yang kurang mampu. Melalui peningkatan kualitas masyarakat dan pelestarian lingkungan, Telkomsel berpartisipasi aktif untuk masa depan bangsa yang lebih baik.
Mobile Lifestyle Terbaik
Jaringan Telkomsel menghadirkan dunia dengan konektivitas tanpa batas, ragam aplikasi untuk memfasilitasi gaya hidup modern serta rangkaian produk untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Layanan multimedia dengan teknologi terdepan membuka peluang kreatif yang memperkaya sendi-sendi kehidupan bangsa Indonesia. Inilah masa depan Telkomsel sebagai persembahan terbaik bagi negeri. 

Awards 

Sepanjang perjalanan di tahun 2011, perolehan 41 Awards merupakan pengakuan akan kualitas jasa layanan telekomunikasi selular. Telkomsel juga meraih berbagai penghargaan dalam bidang teknologi, ekonomi, pendidikan, sosial, lingkungan hidup, serta pengabdian terhadap Negara. Telkomsel selalu menunjukkan kesungguhan bagi 105 juta lebih pelanggannya. Semua ini adalah bukti bahwa Telkomsel sebuah perusahaan yang menyatukan negeri, karena Telkomsel Paling Indonesia.

Berikut ke-41 penghargaan yang diterima Telkomsel selama 2011:

1.      Pengakuan atas kualitas jasa layanan komunikasi selular:
·      Call Center Award 2011 untuk Achieving Excellence Service Performance dari Marketing & CCSL
·      Service Quality Award untuk GraPARI Telkomsel dari Marketing & CCSL
·      Service Star Award 2011 dari Carre-CCS
·      Yahoo Big Idea Chair Regional Award 2011 untuk TELKOMSELSiaga Campaign sebagai The Best ROI Combine of Display and Search
·      Top Brand Award untuk kartuHALO, Postpaid SIM Card dari Marketing & Frontier
·      Top Brand Award untuk simPATI, prepaid simcard dari Marketing & Frontier         
·      Top Brand Award untuk Telkomsel Flash, Mobile Internet Service Provider dari Marketing & Frontier       
·      Top Brand Award untuk Telkomsel, BlackBerry Service Provider dari Marketing & Frontier            
·      Brand Equity Champion of Cellular Operator, Indonesia Brand Champion Award 2011 untuk simPATI dari Marketeers & Markplus
·      Brand Equity Champion of Mobile Internet Provider, Indonesia Brand Champion Award 2011 untuk Telkomsel Flash dari Marketeers & Markplus
·      Indonesia's Most Favorite Youth Brand 2011 untuk Telkomsel (provider category) dari Marketeers & Markplus  
·      Indonesia's Most Favorite Women Brand 2011 untuk Telkomsel (Kategori Penyedia Layanan Selular) dari Marketeers & Markplus
·      Selular Award untuk Telkomsel, Best Customer Care Operator dari Majalah Selular
·      Selular Award untuk Telkomsel, Best GSM Operator dari Majalah Selular
·      Selular Award untuk Telkomsel, Operator of The Year dari Majalah Selular
·      WOMM Award 2011 untuk kartuHALO sebagai The Most Recommended Postpaid GSM Card dari SWA & onbee Marketing Research
·      WOMM Award 2011 untuk Telkomsel sebagai The Most Recommended BlackBerry Internet Service dari SWA & onbee Marketing Research
·      Indonesia Cellular Award 2011 sebagai The Best Bundling Phone dari Tabloid Sinyal
·      Indonesia Cellular Award 2011 sebagai The Best Value Added Service dari Tabloid Sinyal
·      Golden Ring Award 2011 untuk Telkomsel sebagai Best Operator Product dari Wartawan Telekomunikasi Indonesia
·      Golden Ring Award 2011 untuk Telkomsel sebagai Best BlackBerry Internet Service dari Wartawan Telekomunikasi Indonesia       
·      Golden Ring Award 2011 untuk LangitMusik Telkomsel sebagai Best Value Added Service dari Wartawan Telekomunikasi Indonesia     
·      Golden Ring Award 2011 untuk Telkomsel sebagai Best Operator dari Wartawan Telekomunikasi Indonesia
·      Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2011 untuk kartuHALO, post paid Sim Card Category dari SWA & Frontier
·      Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2011 untuk simPATI, pre paid Sim Card Category dari SWA & Frontier           
·      Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2011 untuk TELKOMSELFlash, Mobile Internet Service Category dari SWA & Frontier
·      IBBA Award 2011 untuk simPATI,  Most Valuable Brand untuk GSM SIM Card Product Category dari SWA & MARS
·      Techlife Innovation Award 2011 untuk Telkomsel sebagai Best Innovative Operator of the Year dari majalah Techlife
·      Techlife Innovation Award 2011 untuk TCASH sebagai Best Innovative Mobile Payment dari majalah Techlife    
·      Techlife Innovation Award 2011 untuk LangitMusik sebagai Best Innovative VAS dari majalah Techlife   
·      Techlife Innovation Award 2011 untuk BlackBerry Internet Service (BIS) Telkomsel sebagai Best Innovative BlackBerry Services dari majalah Techlife.
2.      Pengakuan bidang Teknologi
·      ICT PURA & USO Award 2011 untuk Telkomsel
·      Man of the Year in ICT Industry dari TechLife Award
·      Bubu Award V.07 untuk The Best Web Award 2011 (Corporate)
3.      Pengakuan bidang Ekonomi
·      Frost & Sullivan Indonesia Excellence Awards 2011 untuk T-CASH sebagai Most Innovative Application of the Year
·      CEO Idaman 2011 hasil survey Indonesia Most Admired CEO oleh Warta Ekonomi
4.      Pengakuan bidang Pendidikan
·      Indonesia CSR Award 2011 untuk Program ICT Guru serta ICT Murid dan Sekolah dari dari Corporate Forum for Community Development
·      Best Mobile Learning Innovation, Global Mobile Awards 2011 untuk Urban English Telkomsel
5.      Pengakuan bidang Sosial
·      Indonesia CSR Award 2011 untuk Program Teknisi Handphone Bagi Anak Jalanan, Penyandang Cacat dan Peserta Rehabilitasi Narkotika dari Corporate Forum for Community Development
6.      Pengakuan bidang Lingkungan Hidup
·      Indonesia Green Awards 2011 dari Kementerian Kehutanan Republik Indonesia
7.      Pengakuan atas Pengadian Kepada Negara
·      Dua bintang penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Pemerintah RI

History

1995: PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) didirikan yang ditandai dengan peluncuran kartuHALO pascabayar.
1996: Telkomsel menyatukan negeri dengan menghadirkan layanan telekomunikasi selular ke seluruh propinsi di Indonesia.
1997: Pertama di Asia yang memperkenalkan layanan prabayar, simPATI.
1998: Menjadi pemimpin industri selular di Indonesia.
2000: Pertama di Indonesia meluncurkan layanan Mobile Banking.
2001: Pertama di Indonesia mengoperasikan GSM dualband pada frekuensi 900 dan 1.800 MHz.
2002: Meluncurkan layanan WAP, web dan data mobile berbasis SMS, dilanjutkan dengan GPRS.
2003: Pertama di Indonesia memperkenalkan layanan roaming internasional prabayar.
2004: Meluncurkan Kartu As prabayar. Menerapkan teknologi EDGE, sebagai teknologi roadmap berikutnya setelah GPRS. Bergabung dengan Bridge Alliance, aliansi regional telekomunikasi selular, untuk memberi manfaat lebih bagi pelanggan. Meluncurkan layanan Nada Sambung Pribadi.
2005: Call Center meraih sertifikasi ISO 9001:2000.
2006: Pertama di Indonesia meluncurkan layanan 3G.
2007: Pertama di Indonesia meluncurkan layanan Telkomsel Flash HSDPA. Pertama di Indonesia meluncurkan Telkomsel cash layanan uang digital melalui telepon selular.    
2008: Pertama di Asia menggunakan energi terbarukan untuk BTS. Pertama di dunia menyediakan layanan suara dan data mobile di atas kapal PELNI yang memungkinkan pelanggan dapat berkomunikasi di tengah laut. Meluncurkan program Telkomsel Merah Putih dalam rangka memberikan layanan telekomunikasi bagi pulau-pulau, desa-desa terpencil dan daerah perbatasan.
2009: Meningkatkan jaringan Telkomsel menjadi HSPA+, dengan kecepatan akses data mencapai 21 Mbps guna memberikan layanan mobile broadband yang lebih baik.
2010: Telkomsel menjadi satu-satunya operator selular yang menyediakan akses telekomunikasi di lebih dari 25.000 desa melalui Program Desa Berdering. Pertama di Indonesia meluncurkan Langit Musik layanan toko musik digital yang menyediakan fasilitas unduh lagu secara penuh. Pertama di Indonesia meluncurkan aplikasi Mobile Newspaper yang memungkinkan pelanggan membaca berita melalui telepon selular. Pertama di Indonesia memperkenalkan layanan iklan mobile, yang terarah sehingga memungkinkan pengiklan mencapai para pengguna Telkomsel. Pertama di Indonesia melakukan ujicoba teknologi jaringan pita lebar LTE.
2011: Pertama di Indonesia mencapai 100 juta pelanggan.

The Network & Experts

Telkomsel secara berkelanjutan membangun fondasi telekomunikasi berteknologi tinggi untuk menghadirkan beragam layanan telekomunikasi terkini dan multimedia berbasis jaringan broadband. Jaringan Telkomsel membentang luas menjangkau seluruh penjuru Nusantara, dikelola oleh para ahli yang merupakan putera-puteri terbaik bangsa. Dengan semangat melayani  Indonesia, dari kota hingga pedesaan, dari lautan ke hutan pedalaman, menara-menara BTS Telkomsel berdiri tegak di seluruh pelosok negeri. Perpaduan infrastruktur dan sumber daya manusia yang unggul merupakan kunci keberhasilan Telkomsel dalam mengantarkan Indonesia ke gerbang dunia telekomunikasi berbasis broadband.

Strategi Pemasaran Telkomsel

Strategi Pemasaran Telkomsel cukup menarik karena dapat dilihat tingkat keberhasilannya yang tinggi. Saat ini pelanggan perusahaan itu sudah mencapai 100 juta pelanggan dan ini merupakan bukti yang cukup meyakinkan akan keberhasilan Strategi Pemasaran Telkomsel.

Dalam keadaan saat ini kompetisi antar operator telepon genggam setiap perusahaan bersaing untuk menawarkan harga paket perdana yang rendah, tarif pembicaraan dan sms yang murah serta berlomba untuk memiliki jaringan yang lebih luas. Ini dilakukan agar jumlah pelanggan tetap meningkat dan Telkomsel dapat menjadi raja di pasar telepon seluler sebagi provider terbaik.
Strategi Pemasaran Telkomsel dalam mengkomunikasikan produknya cukup berhasil. Lokasi layanan berbasis kesepakatan juga digunakan oleh Telkomsel sebagai usaha untuk memperluas jangkauan layanan dengan bantuan pihak lain. Konsumen dapat berlangganan layanan membiarkan cyber dunia tahu lokasi mereka
Kedua, dalam harga pas, PT. Telkomsel, Tbk menggunakan dua strategi yang berbeda untuk setiap setiap produk, seperti harga skimming untuk HALO dan simPATI kartu produk, dan harga untuk penetrasi Sebagai produk kartu. Harga skimming adalah strategi untuk menyelesaikan pangsa pasar yang lebih besar, dan untuk melindungi kedatangan pesaing.

Produk Telkomsel
Ø  Beberapa produk yang dikeluarkan Telkomsel yaitu:
a.    Produk Prabayar
§  SimPati
§  Kartu As
b.    Produk Pasca bayar
§  KartuHalo
Ø  Program Marketing
Telkomsel memberikan program marketing yang cukup banyak untuk menarik hati pelanggan. Beberapa program marketing yang ditawarkan meliputi :
a.    SimPati
§  Tarif SMS hemat
§  Bonus Bicara dan Bonus SMS
§  SimPati Talkmania
§  SimPati PeDe
b.    Kartu As
§  Tarif Sms Ektra Hemat
§  Pake 100 Sms gratis 100 SMS
§  Masa Aktif lama
§  Perhitungan per detik
c.     Kartu Halo
Ø  Fitur
Selain produk dan program marketing Telkomsel juga mengandalkan fitur untuk menarik pelanggan. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Telkomsel meliputi :

a.    International Roaming
b.    Layanan Dunia 3G Telkomsel
c.    Layanan Transfer pulsa
d.   Nada Sambung Pribadiku
e.    Telkomsel call me
f.     Telkomsel SMS me
g.    Call waiting
h.    Call forwarding
i.      SMS
k.    MMS
l.      GPRS

Budaya Perusahaan

TELKOMSEL memiliki Budaya Perusahaan yang disebut sebagai THE TELKOMSEL WAY. THE TELKOMSEL WAY sebagai sistem keyakinan (belief system) akan terus menerus dibangun dan dikembangkan untuk mengantarkan perusahaan agar selalu menjadi pemenang (The Winner) dengan pertumbuhan yang kompetitif dan berkelanjutan.
THE TELKOMSEL WAY sebagai panduan seluruh pimpinan dan karyawan perusahaan, dalam pola pikir, sikap, perilaku dan tindakan sehari-hari dalam bekerja memberikan kontribusi kepada Perusahaan, dibangun dari tiga bagian, yaitu:

1.      Philosophy to be the Best, yaitu Always The Best dan GREAT Values yang terdiri dari InteGrity, Respect, Enthusiasm, LoyAlty dan Totality;

2.      Principles to be the Star, yaitu SolidSpeedSmart (3S);

3.      Practices to be the Winner, yaitu GREAT PeopleGreat Strategy dan Great Innovation (3G).


Tata Kelola Perusahaan

Telkomsel selalu menekankan pentingnya Good Corporate Governance (GCG)/Tata Kelola Perusahaan untuk terus diterapkan di perusahaan guna memastikan bahwa para anggota Direksi ada di jalur yang benar untuk mencapai tujuan strategis yang telah ditetapkan. Fungsi pengawasan didukung oleh sejumlah komite termasuk:
·           Komite Audit yang mengawasi proses pelaporan keuangan dan pengendalian intern, proses audit internal dan eksternal serta proses manajemen risiko,
·           Komite Remunerasi yang selalu meninjau kebijakan dan strategi remunerasi Perusahaan secara keseluruhan, dan 
·           Komite Capital Expenditure, Financing and Management Process (CFMP) yang mengawasi perencanaan belanja modal dan kebijakan pendanaan, manajemen  kapasitas dan supply chain serta penetapan target operasional.
Peran dan fungsi masing-masing komite perlu untuk terus diperkuat untuk memastikan bahwa tata kelola perusahaan terbaik diimplementasikan di Perusahaan, dengan standar yang tinggi dalam hal transparansi dan keterbukaan. Pada saat industri telekomunikasi menuju era digital, Perusahaan harus menyiapkan seluruh sumber dayanya, khususnya sumber daya manusia dan organisasi. Kompetensi sumber daya manusia dan organisasi harus diperkuat secara berkelanjutan agar siap menghadapi tantangan industri. Perusahaan sebagai organisasi juga perlu melanjutkan transformasi untuk mencapai tingkat kinerja tertinggi.

Komitmen kami akan pelaksanaan GCG dalam setiap aspek bisnis merupakan kepatuhan kami terhadap undang-undang perseroan terbatas nomor 40 tahun 2007 dan beberapa aspek dari Sarbanes-Oxley Act (SOA), dimana semua anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) diharuskan untuk memenuhi ketentuan GCG mengingat saham TELKOM yang terdaftar di New York Stock Exchange (NYSE).

Pada saat yang sama, penerapan GCG juga dipandang sebagai elemen penting yang akan memastikan daya saing Perusahaan untuk terus menjaga posisi sebagai pemimpin pasar dan membantu dalam menciptakan nilai jangka panjang bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya. Dalam rangka membangun struktur GCG yang kuat dalam organisasi, kami memiliki lima prinsip yang menjadi pilar pelaksanaan GCG. Lima prinsip tersebut adalah: 
a.       Transparansi
Prinsip ini harus dijalankan dalam upaya menghadirkan akses yang adil terhadap semua informasi tentang kinerja keuangan dan operasional Perusahaan.
b.      Akuntabilitas
Manajemen dan staf dari semua tingkatan juga diharuskan untuk mengembangkan akuntabilitas tinggi dalam setiap tindakan yang diambil dan dalam menjaga hubungan yang bermanfaat dengan para pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya serta dalam menjaga kepatuhan terhadap peraturan.
c.       Pertanggungjawaban
Prinsip ini membutuhkan komitmen dari seluruh elemen organisasi untuk menunjukkan integritas dan tanggung jawab mereka dalam proses pengambilan keputusan, dalam mempertahankan kepentingan dan aset pemegang saham Perusahaan dan manajemen risiko untuk menjamin kelangsungan bisnis.
d.      Kemandirian
Kami menggunakan kebebasan sebagai sebuah organisasi dengan integritas yang tinggi dengan memastikan bahwa semua manajemen bebas dari konflik kepentingan dan / atau pengaruh pihak lain.
e.       Kewajaran
Kami menganut prinsip untuk memastikan bahwa seluruh pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya menerima perlakuan yang sama, termasuk peluang yang adil bagi karyawan untuk mendapatkan promosi karir, pelatihan dan pendidikan, dan akses terhadap informasi.

DAFTAR PUSTAKA
 
http://blogger-masadepan.blogspot.co.id/2010/05/strategi-keunggulan-bersaing-pt.html

No comments: