TELKOMSEL
“Begitu Dekat Begitu
Nyata" adalah logo dari telkomsel.
Visi
Mobile
Lifestyle Terbaik. Telkomsel siap melakukan lompatan
besar dalam evolusi telekomunikasi selular yang sejalan dengan perubahan gaya
hidup.
Misi
Memberikan layanan dan solusi mobile digital yang melebihi ekspektasi pelanggan, memberikan nilai tambah kepada para stakeholders, dan mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa.
Memberikan layanan dan solusi mobile digital yang melebihi ekspektasi pelanggan, memberikan nilai tambah kepada para stakeholders, dan mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa.
Strategi yang diterapkan oleh
Telkomsel
Strategi pemasaran Telkomsel adalah
strategi diversifikasi yang digunakan untuk menemukan dan mengembangkan produk
baru atau pasar baru atau bahkan keduanya untuk menyelesaikan pengembangan,
penjualan meningkat, profitabilitas dan fleksibilitas.
Keunggulan Kompetitif
Telkomsel menjadi pelopor untuk berbagai teknologi
telekomunikasi selular di Indonesia, termasuk yang pertama meluncurkan layanan
roaming internasional dan layanan 3G di Indonesia. Telkomsel merupakan operator
yang pertama kali melakukan ujicoba teknologi jaringan pita lebar LTE. Di
kawasan Asia, Telkomsel menjadi pelopor penggunaan energi terbarukan untuk
menara-menara Base Transceiver Station (BTS).
Telkomsel mengklaim sebagai
operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia dengan 139,3 juta pelanggan per 31 Desember 2014. Telkomsel
meluncurkan secara resmi layanan komersial mobile 4G LTE pertama di Indonesia.
Layanan Telkomsel 4G LTE memiliki kecepatan data access mencapai 36 Mbps.
Telkomsel bekerja pada jaringan 900/1.800 MHz. Saat ini Telkomsel menggelar
lebih dari 84.000 BTS yang menjangkau sekitar 98% wilayah populasi di
Indonesia.
Telkomsel secara konsisten
mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta uji coba
teknologi Long Term Evolution (LTE). Kini Telkomsel mengembangkan jaringan
broadband di 100 kota besar di Indonesia. Untuk membantu pelayanan kebutuhan
pelanggan, Telkomsel kini didukung akses call center 24 jam dan 430 pusat
layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.
Keunggulan produk dan layanannya menjadikan Telkomsel
sebagai pilihan utama pelanggan di seluruh Indonesia. Dan
Fitur yang di tawarkan oleh telkomsel juga merupakan salah satu strategi yang
ampuh untuk menarik minat konsumen.
Produk
yang dihasilkan
Telkomsel mempunyai beberapa
produk, yaitu:
·
simPATI
· Kartu As
· Kartu
As Flexi merupakan gabungan dari operator prabayar Flexi
yang akan ditutup dan semua pelanggan prabayar Flexi dipindahkan ke kartu ini.
· kartuHALO
Flexi merupakan gabungan dari operator pascabayar Flexi
yang akan ditutup dan semua pelanggan pascabayar Flexi dipindahkan ke kartu
ini.
Kelemahan dari strategi yang di
pilih Telkomsel
Dapat diketahui bahwa strategi
produk yang digunakan oleh PT. Telkomsel, Tbk, yang merupakan strategi
diversifikasi, yang memiliki kelemahan, yang mudah ditiru. Dengan demikian, PT.
Telkomsel, Tbk perlu mengevaluasi kembali strategi yang sering digunakan.
Sebuah produk harus memiliki karakteristik yang unik sehingga berbeda dari
orang lain. Dengan karakteristik yang unik, ada harapan besar untuk menciptakan
citra yang baik atas produk sebagai tertentu dan perusahaan sebagai jenderal
sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mempertahankan pangsa pasar dapat
diselesaikan.
PEMBAHASAN
Telekomunikasi Selular yang
Menyatukan Bangsa
Telkomsel terus memacu pertumbuhan jaringan
telekomunikasi di seluruh penjuru Indonesia secara pesat sekaligus
memberdayakan masyarakat. Telkomsel menjadi pelopor untuk berbagai teknologi
telekomunikasi selular di Indonesia, termasuk yang pertama meluncurkan layanan
roaming internasional dan layanan 3G di Indonesia. Telkomsel merupakan operator
yang pertama kali melakukan ujicoba teknologi jaringan pita lebar LTE. Di
kawasan Asia, Telkomsel menjadi pelopor penggunaan energi terbarukan untuk
menara-menara Base Transceiver Station (BTS).
Telkomsel adalah operator
telekomunikasi seluler GSM
kedua di Indonesia
setelah Satelindo
dengan layanan pascabayar kartuHALO yang diluncurkan pada tanggal 26 Mei 1995.
Saham Telkomsel dimiliki oleh Telkom Indonesia sebesar 65% dan
sisanya oleh Singtel sebesar 35%. Telkomsel menjadi
operator seluler pertama di Asia yang menawarkan layanan GSM
prabayar.
Telkomsel mengklaim sebagai
operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia dengan 139,3 juta pelanggan per 31 Desember 2014
dan pangsa pasar sebesar 51% per 1 Januari 2007.
Jaringan Telkomsel telah mencakup 288 jaringan roaming internasional di
155 negara pada akhir tahun 2007. Telkomsel telah menjadi operator seluler
ketujuh di dunia yang mempunyai lebih dari 100 juta pelanggan dalam satu negara
per Mei 2011. Telkomsel meluncurkan secara resmi layanan komersial mobile 4G
LTE pertama di Indonesia. Layanan Telkomsel 4G LTE memiliki kecepatan data
access mencapai 36 Mbps.
Saat ini Telkomsel menggelar
lebih dari 84.000 BTS yang menjangkau sekitar 98% wilayah populasi di
Indonesia. Sebagai operator selular nomor 6 terbesar di dunia dalam hal jumlah
pelanggan, Telkomsel merupakan pemimpin pasar industri telekomunikasi di
Indonesia yang kini dipercaya melayani lebih dari 139 juta pelanggan pada tahun
2014.
Dalam upaya memandu perkembangan
industri telekomunikasi selular di Indonesia memasuki era baru layanan mobile
broadband, Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi 3G,
HSDPA, HSPA+, serta uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE). Kini
Telkomsel mengembangkan jaringan broadband di 100 kota besar di Indonesia.
Untuk membantu pelayanan kebutuhan pelanggan, Telkomsel kini didukung akses
call center 24 jam dan 430 pusat layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.
Dari Telkomsel untuk Indonesia
Telkomsel memiliki komitmen untuk menghadirkan layanan
mobile lifestyle unggulan sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan
pelanggan. Telkomsel menghadirkan teknologi agar bangsa Indonesia dapat
menikmati kehidupan yang lebih baik di masa mendatang dengan tetap mendukung
pelestarian negeri.
Untuk itulah, Telkomsel secara aktif mendorong
pemanfaatan energi terbarukan sebagai sumber energi untuk menara BTS serta
menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi remaja dan masyarakat yang
kurang mampu. Melalui peningkatan kualitas masyarakat dan pelestarian
lingkungan, Telkomsel berpartisipasi aktif untuk masa depan bangsa yang lebih
baik.
Mobile Lifestyle Terbaik
Jaringan Telkomsel menghadirkan dunia dengan
konektivitas tanpa batas, ragam aplikasi untuk memfasilitasi gaya hidup modern serta
rangkaian produk untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Layanan multimedia
dengan teknologi terdepan membuka peluang kreatif yang memperkaya sendi-sendi
kehidupan bangsa Indonesia. Inilah masa depan Telkomsel sebagai persembahan
terbaik bagi negeri.
Awards
Sepanjang perjalanan di tahun 2011, perolehan 41 Awards merupakan pengakuan akan kualitas jasa layanan telekomunikasi selular. Telkomsel juga meraih berbagai penghargaan dalam bidang teknologi, ekonomi, pendidikan, sosial, lingkungan hidup, serta pengabdian terhadap Negara. Telkomsel selalu menunjukkan kesungguhan bagi 105 juta lebih pelanggannya. Semua ini adalah bukti bahwa Telkomsel sebuah perusahaan yang menyatukan negeri, karena Telkomsel Paling Indonesia.
Berikut ke-41 penghargaan yang diterima Telkomsel selama 2011:
1.
Pengakuan atas kualitas jasa
layanan komunikasi selular:
·
Call Center Award 2011 untuk Achieving Excellence
Service Performance dari Marketing & CCSL
·
Service Quality Award untuk GraPARI Telkomsel dari
Marketing & CCSL
·
Service Star Award 2011 dari Carre-CCS
·
Yahoo Big Idea Chair Regional Award 2011 untuk
TELKOMSELSiaga Campaign sebagai The Best ROI Combine of Display and Search
·
Top Brand Award untuk kartuHALO, Postpaid SIM Card
dari Marketing & Frontier
·
Top Brand Award untuk simPATI, prepaid simcard dari
Marketing & Frontier
·
Top Brand Award untuk Telkomsel Flash, Mobile Internet
Service Provider dari Marketing & Frontier
·
Top Brand Award untuk Telkomsel, BlackBerry Service
Provider dari Marketing & Frontier
·
Brand Equity Champion of Cellular Operator, Indonesia
Brand Champion Award 2011 untuk simPATI dari Marketeers & Markplus
·
Brand Equity Champion of Mobile Internet Provider,
Indonesia Brand Champion Award 2011 untuk Telkomsel Flash dari Marketeers &
Markplus
·
Indonesia's Most Favorite Youth Brand 2011 untuk
Telkomsel (provider category) dari Marketeers & Markplus
·
Indonesia's Most Favorite Women Brand 2011 untuk
Telkomsel (Kategori Penyedia Layanan Selular) dari Marketeers & Markplus
·
Selular Award untuk Telkomsel, Best Customer Care
Operator dari Majalah Selular
·
Selular Award untuk Telkomsel, Best GSM Operator dari
Majalah Selular
·
Selular Award untuk Telkomsel, Operator of The Year
dari Majalah Selular
·
WOMM Award 2011 untuk kartuHALO sebagai The Most
Recommended Postpaid GSM Card dari SWA & onbee Marketing Research
·
WOMM Award 2011 untuk Telkomsel sebagai The Most
Recommended BlackBerry Internet Service dari SWA & onbee Marketing Research
·
Indonesia Cellular Award 2011 sebagai The Best
Bundling Phone dari Tabloid Sinyal
·
Indonesia Cellular Award 2011 sebagai The Best Value
Added Service dari Tabloid Sinyal
·
Golden Ring Award 2011 untuk Telkomsel sebagai Best
Operator Product dari Wartawan Telekomunikasi Indonesia
·
Golden Ring Award 2011 untuk Telkomsel sebagai Best
BlackBerry Internet Service dari Wartawan Telekomunikasi
Indonesia
·
Golden Ring Award 2011 untuk LangitMusik Telkomsel
sebagai Best Value Added Service dari Wartawan Telekomunikasi
Indonesia
·
Golden Ring Award 2011 untuk Telkomsel sebagai Best
Operator dari Wartawan Telekomunikasi Indonesia
·
Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2011
untuk kartuHALO, post paid Sim Card Category dari SWA & Frontier
·
Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2011
untuk simPATI, pre paid Sim Card Category dari SWA & Frontier
·
Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2011
untuk TELKOMSELFlash, Mobile Internet Service Category dari SWA & Frontier
·
IBBA Award 2011 untuk simPATI, Most Valuable
Brand untuk GSM SIM Card Product Category dari SWA & MARS
·
Techlife Innovation Award 2011 untuk Telkomsel sebagai
Best Innovative Operator of the Year dari majalah Techlife
·
Techlife Innovation Award 2011 untuk TCASH sebagai
Best Innovative Mobile Payment dari majalah Techlife
·
Techlife Innovation Award 2011 untuk LangitMusik
sebagai Best Innovative VAS dari majalah Techlife
·
Techlife Innovation Award 2011 untuk BlackBerry
Internet Service (BIS) Telkomsel sebagai Best Innovative BlackBerry Services
dari majalah Techlife.
2.
Pengakuan bidang Teknologi
·
ICT PURA & USO Award 2011 untuk Telkomsel
·
Man of the Year in ICT Industry dari TechLife Award
·
Bubu Award V.07 untuk The Best Web Award 2011
(Corporate)
3.
Pengakuan bidang Ekonomi
·
Frost & Sullivan Indonesia Excellence Awards 2011
untuk T-CASH sebagai Most Innovative Application of the Year
·
CEO Idaman 2011 hasil survey Indonesia Most Admired
CEO oleh Warta Ekonomi
4.
Pengakuan bidang Pendidikan
·
Indonesia CSR Award 2011 untuk Program ICT Guru serta
ICT Murid dan Sekolah dari dari Corporate Forum for Community Development
·
Best Mobile Learning Innovation, Global Mobile Awards
2011 untuk Urban English Telkomsel
5.
Pengakuan bidang Sosial
·
Indonesia CSR Award 2011 untuk Program Teknisi
Handphone Bagi Anak Jalanan, Penyandang Cacat dan Peserta Rehabilitasi
Narkotika dari Corporate Forum for Community Development
6.
Pengakuan bidang Lingkungan
Hidup
·
Indonesia Green Awards 2011 dari Kementerian Kehutanan
Republik Indonesia
7.
Pengakuan atas Pengadian
Kepada Negara
·
Dua bintang penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari
Pemerintah RI
History
1995: PT
Telekomunikasi Selular (Telkomsel) didirikan yang ditandai dengan peluncuran
kartuHALO pascabayar.
1996: Telkomsel
menyatukan negeri dengan menghadirkan layanan telekomunikasi selular ke seluruh
propinsi di Indonesia.
1997: Pertama di
Asia yang memperkenalkan layanan prabayar, simPATI.
1998: Menjadi
pemimpin industri selular di Indonesia.
2000: Pertama di
Indonesia meluncurkan layanan Mobile Banking.
2001: Pertama di
Indonesia mengoperasikan GSM dualband pada frekuensi 900 dan 1.800 MHz.
2002: Meluncurkan
layanan WAP, web dan data mobile berbasis SMS, dilanjutkan dengan GPRS.
2003: Pertama di
Indonesia memperkenalkan layanan roaming internasional prabayar.
2004: Meluncurkan
Kartu As prabayar. Menerapkan teknologi EDGE, sebagai teknologi roadmap
berikutnya setelah GPRS. Bergabung dengan Bridge Alliance, aliansi regional
telekomunikasi selular, untuk memberi manfaat lebih bagi pelanggan. Meluncurkan
layanan Nada Sambung Pribadi.
2005: Call Center
meraih sertifikasi ISO 9001:2000.
2006: Pertama di
Indonesia meluncurkan layanan 3G.
2007: Pertama di
Indonesia meluncurkan layanan Telkomsel Flash HSDPA. Pertama di Indonesia
meluncurkan Telkomsel cash layanan uang digital melalui telepon selular.
2008: Pertama di
Asia menggunakan energi terbarukan untuk BTS. Pertama di dunia menyediakan
layanan suara dan data mobile di atas kapal PELNI yang memungkinkan pelanggan
dapat berkomunikasi di tengah laut. Meluncurkan program Telkomsel Merah Putih
dalam rangka memberikan layanan telekomunikasi bagi pulau-pulau, desa-desa
terpencil dan daerah perbatasan.
2009: Meningkatkan
jaringan Telkomsel menjadi HSPA+, dengan kecepatan akses data mencapai 21 Mbps
guna memberikan layanan mobile broadband yang lebih baik.
2010: Telkomsel
menjadi satu-satunya operator selular yang menyediakan akses telekomunikasi di
lebih dari 25.000 desa melalui Program Desa Berdering. Pertama di Indonesia
meluncurkan Langit Musik layanan toko musik digital yang menyediakan fasilitas
unduh lagu secara penuh. Pertama di Indonesia meluncurkan aplikasi Mobile
Newspaper yang memungkinkan pelanggan membaca berita melalui telepon selular. Pertama
di Indonesia memperkenalkan layanan iklan mobile, yang terarah sehingga memungkinkan
pengiklan mencapai para pengguna Telkomsel. Pertama di Indonesia melakukan
ujicoba teknologi jaringan pita lebar LTE.
2011: Pertama di
Indonesia mencapai 100 juta pelanggan.
The Network &
Experts
Telkomsel secara berkelanjutan membangun fondasi telekomunikasi berteknologi tinggi untuk menghadirkan beragam layanan telekomunikasi terkini dan multimedia berbasis jaringan broadband. Jaringan Telkomsel membentang luas menjangkau seluruh penjuru Nusantara, dikelola oleh para ahli yang merupakan putera-puteri terbaik bangsa. Dengan semangat melayani Indonesia, dari kota hingga pedesaan, dari lautan ke hutan pedalaman, menara-menara BTS Telkomsel berdiri tegak di seluruh pelosok negeri. Perpaduan infrastruktur dan sumber daya manusia yang unggul merupakan kunci keberhasilan Telkomsel dalam mengantarkan Indonesia ke gerbang dunia telekomunikasi berbasis broadband.
Strategi Pemasaran Telkomsel
Strategi Pemasaran Telkomsel cukup menarik karena dapat dilihat tingkat keberhasilannya yang tinggi. Saat ini pelanggan perusahaan itu sudah mencapai 100 juta pelanggan dan ini merupakan bukti yang cukup meyakinkan akan keberhasilan Strategi Pemasaran Telkomsel.
Dalam keadaan saat ini kompetisi
antar operator telepon genggam setiap perusahaan bersaing untuk menawarkan
harga paket perdana yang rendah, tarif pembicaraan dan sms yang murah serta
berlomba untuk memiliki jaringan yang lebih luas. Ini dilakukan agar jumlah
pelanggan tetap meningkat dan Telkomsel dapat menjadi raja di pasar telepon
seluler sebagi provider terbaik.
Strategi Pemasaran Telkomsel
dalam mengkomunikasikan produknya cukup berhasil. Lokasi layanan berbasis
kesepakatan juga digunakan oleh Telkomsel sebagai usaha untuk memperluas
jangkauan layanan dengan bantuan pihak lain. Konsumen dapat berlangganan
layanan membiarkan cyber dunia tahu lokasi mereka
Kedua, dalam harga pas, PT.
Telkomsel, Tbk menggunakan dua strategi yang berbeda untuk setiap setiap
produk, seperti harga skimming untuk HALO dan simPATI kartu produk, dan harga
untuk penetrasi Sebagai produk kartu. Harga skimming adalah strategi untuk
menyelesaikan pangsa pasar yang lebih besar, dan untuk melindungi kedatangan
pesaing.
Produk Telkomsel
Ø Beberapa
produk yang dikeluarkan Telkomsel yaitu:
a. Produk
Prabayar
§ SimPati
§ Kartu
As
b. Produk
Pasca bayar
§ KartuHalo
Ø Program
Marketing
Telkomsel memberikan
program marketing yang cukup banyak untuk menarik hati pelanggan. Beberapa
program marketing yang ditawarkan meliputi :
a. SimPati
§ Tarif
SMS hemat
§ Bonus
Bicara dan Bonus SMS
§ SimPati
Talkmania
§ SimPati
PeDe
b. Kartu
As
§ Tarif
Sms Ektra Hemat
§ Pake
100 Sms gratis 100 SMS
§ Masa
Aktif lama
§ Perhitungan
per detik
c. Kartu
Halo
Ø Fitur
Selain produk dan
program marketing Telkomsel juga mengandalkan fitur untuk menarik pelanggan. Beberapa
fitur yang ditawarkan oleh Telkomsel meliputi :
a. International
Roaming
b. Layanan
Dunia 3G Telkomsel
c. Layanan
Transfer pulsa
d. Nada
Sambung Pribadiku
e. Telkomsel
call me
f. Telkomsel
SMS me
g. Call
waiting
h. Call
forwarding
i. SMS
k. MMS
l. GPRS
Budaya Perusahaan
TELKOMSEL memiliki Budaya Perusahaan yang disebut
sebagai THE TELKOMSEL WAY. THE TELKOMSEL WAY sebagai sistem keyakinan (belief
system) akan terus menerus dibangun dan dikembangkan untuk mengantarkan
perusahaan agar selalu menjadi pemenang (The Winner) dengan pertumbuhan
yang kompetitif dan berkelanjutan.
THE TELKOMSEL WAY sebagai panduan seluruh pimpinan dan karyawan perusahaan,
dalam pola pikir, sikap, perilaku dan tindakan sehari-hari dalam bekerja
memberikan kontribusi kepada Perusahaan, dibangun dari tiga bagian, yaitu:
1. Philosophy to be the Best, yaitu Always The Best dan GREAT Values yang terdiri dari InteGrity, Respect, Enthusiasm, LoyAlty dan Totality;
2. Principles to be the Star, yaitu Solid, Speed, Smart (3S);
3. Practices to be the Winner, yaitu GREAT People, Great Strategy dan Great Innovation (3G).
Tata Kelola Perusahaan
Telkomsel
selalu menekankan pentingnya Good Corporate Governance (GCG)/Tata Kelola
Perusahaan untuk terus diterapkan di perusahaan guna memastikan bahwa para
anggota Direksi ada di jalur yang benar untuk mencapai tujuan strategis yang
telah ditetapkan. Fungsi pengawasan didukung oleh sejumlah komite termasuk:
·
Komite Audit yang mengawasi proses
pelaporan keuangan dan pengendalian intern, proses audit internal dan eksternal
serta proses manajemen risiko,
·
Komite Remunerasi yang selalu meninjau
kebijakan dan strategi remunerasi Perusahaan secara keseluruhan, dan
·
Komite Capital Expenditure,
Financing and Management Process (CFMP) yang mengawasi
perencanaan belanja modal dan kebijakan pendanaan, manajemen kapasitas
dan supply chain serta penetapan target operasional.
Peran
dan fungsi masing-masing komite perlu untuk terus diperkuat untuk memastikan
bahwa tata kelola perusahaan terbaik diimplementasikan di Perusahaan, dengan
standar yang tinggi dalam hal transparansi dan keterbukaan. Pada saat industri
telekomunikasi menuju era digital, Perusahaan harus menyiapkan
seluruh sumber dayanya, khususnya sumber daya manusia dan organisasi.
Kompetensi sumber daya manusia dan organisasi harus diperkuat secara
berkelanjutan agar siap menghadapi tantangan industri. Perusahaan sebagai
organisasi juga perlu melanjutkan transformasi untuk mencapai tingkat kinerja
tertinggi.
Komitmen kami akan pelaksanaan GCG dalam setiap aspek bisnis merupakan kepatuhan kami terhadap undang-undang perseroan terbatas nomor 40 tahun 2007 dan beberapa aspek dari Sarbanes-Oxley Act (SOA), dimana semua anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) diharuskan untuk memenuhi ketentuan GCG mengingat saham TELKOM yang terdaftar di New York Stock Exchange (NYSE).
Pada saat yang sama, penerapan GCG juga dipandang sebagai elemen penting yang akan memastikan daya saing Perusahaan untuk terus menjaga posisi sebagai pemimpin pasar dan membantu dalam menciptakan nilai jangka panjang bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya. Dalam rangka membangun struktur GCG yang kuat dalam organisasi, kami memiliki lima prinsip yang menjadi pilar pelaksanaan GCG. Lima prinsip tersebut adalah:
Komitmen kami akan pelaksanaan GCG dalam setiap aspek bisnis merupakan kepatuhan kami terhadap undang-undang perseroan terbatas nomor 40 tahun 2007 dan beberapa aspek dari Sarbanes-Oxley Act (SOA), dimana semua anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) diharuskan untuk memenuhi ketentuan GCG mengingat saham TELKOM yang terdaftar di New York Stock Exchange (NYSE).
Pada saat yang sama, penerapan GCG juga dipandang sebagai elemen penting yang akan memastikan daya saing Perusahaan untuk terus menjaga posisi sebagai pemimpin pasar dan membantu dalam menciptakan nilai jangka panjang bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya. Dalam rangka membangun struktur GCG yang kuat dalam organisasi, kami memiliki lima prinsip yang menjadi pilar pelaksanaan GCG. Lima prinsip tersebut adalah:
a. Transparansi
Prinsip
ini harus dijalankan dalam upaya menghadirkan akses yang adil terhadap semua
informasi tentang kinerja keuangan dan operasional Perusahaan.
b. Akuntabilitas
Manajemen
dan staf dari semua tingkatan juga diharuskan untuk mengembangkan akuntabilitas
tinggi dalam setiap tindakan yang diambil dan dalam menjaga hubungan yang
bermanfaat dengan para pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya serta
dalam menjaga kepatuhan terhadap peraturan.
c. Pertanggungjawaban
Prinsip
ini membutuhkan komitmen dari seluruh elemen organisasi untuk menunjukkan
integritas dan tanggung jawab mereka dalam proses pengambilan keputusan, dalam
mempertahankan kepentingan dan aset pemegang saham Perusahaan dan manajemen
risiko untuk menjamin kelangsungan bisnis.
d. Kemandirian
Kami
menggunakan kebebasan sebagai sebuah organisasi dengan integritas yang tinggi
dengan memastikan bahwa semua manajemen bebas dari konflik kepentingan dan /
atau pengaruh pihak lain.
e. Kewajaran
Kami
menganut prinsip untuk memastikan bahwa seluruh pemegang saham dan pemangku
kepentingan lainnya menerima perlakuan yang sama, termasuk peluang yang adil bagi
karyawan untuk mendapatkan promosi karir, pelatihan dan pendidikan, dan akses
terhadap informasi.
DAFTAR PUSTAKA
No comments:
Post a Comment